Pantai Pulau Merah Tempat Wisata Banyuwangi Terkini

Pantai Pulau Merah, Salah satu pantai eksotis di kabupaten Banyuwangi, menjadi topik perbincangan hangat akhir-akhir ini. Hal ini tak luput berkat promosi wisata melalui kompetisi International Surfing yang menjadi agenda tahunan wisata banyuwangi. Ombak pantai pulau merah ini cocok dan menantang untuk berselancar. Bahkan para peselancar tak pernah sepi melakukan aktivitas "surfing". Tidak jarang bule pun ikut berselancar. Tentu ini menjadi tontonan menarik di pantai pulau merah Banyuwangi.
Tidak hanya surga bagi para peselancar, pantai pulau merah juga memberikan keindahan buih pasir putih yang eksotis. Luas pantai yang membentang sepanjang tiga kilometer menjadi arena rekreasi keluarga yang tepat. Namun tetap diperhatikan rambu - rambu larangan disana. Apalagi bagi keluarga yang membawa anak. Pengelola memberikan kenyamanan setiap pengunjung. Di sepanjang bibir pantai tersedia fasilitas payung untuk berjemur atau sekadar menikmati indahnya pantai pulau merah dengan santai. Tak heran kalau kemudian pantai pulau merah mendapat sebutan "pantai Kuta-nya Jawa". Karena suasana pantai dengan gulungan ombak pasir putih dan berderet - deret payung pantai yang mirip seperti di pantai Kuta, Bali.

Baca juga : Event Banyuwangi International Run 

Pantai-pulau-merah-banyuwangi
Eksotisme Pantai Pulau Merah 

Pantai Pulau Merah dan Cerita Pemberian Nama "Merah"

Tak banyak yang mengetahui awal mula pemberian nama pantai yang awalnya bernama pantai ringin pitu ini. Namun ada dua versi cerita menurut masyarakat sekitar. Pergantian nama pantai ini berdasarkan adanya pulau kecil yang berada di bibir pantai. Pulau tersebut konon memancarkan cahaya berwarna kemerah - merahan sebelum tertutupi vegetarian seperti yang saat ini. Versi lain menyebutkan bahwa pada masa penjajahan dahulu kala, terjadi pertempuran di daerah pantai tersebut. Pulau kecil yang menjadi tempat persembunyian para pejuang kemerdekaan dibombardir oleh pihak penjajah. Hingga akhirnya terjadi pertumpahan darah. Konon karena banyaknya darah para pejuang di pulau tersebut, hingga tampak dari kejauhan pulau berwarna merah. Akhirnya dinamakanlah pulau merah dan menjadi tempat wisata di banyuwangi terkini.

pantai-pulau-merah-tempat-wisata-banyuwangi-terkini
Tampak para wisatawan memadati pantai pulau merah Banyuwangi


Pantai Pulau Merah Menjadi Tempat Wisata di Banyuwangi Terbaru

Diera kepemimpinan bupati Abdullah Azwar Anas, banyak objek wisata mulai dibenahi dan diperkenalkan. Memang, awalnya sedikit sekali wisatawan domestik maupun mancanegara yang mengetahui adanya pantai eksotis seperti pantai pulau merah ini. Berbagai akses menuju pantai yang berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Banyuwangi ini pun diperbaiki. Beragam promosi untuk lebih mengenalkan wisata banyuwangi terbaru seperti melalui event Tour De Ijen pada tahun 2012. Pada etape pertama, tour de ijen yang diikuti lebih dari 15 negara itu finish di pantai pulau merah. Beragam transportasi dapat menjangkau objek wisata ini. Bisa menggunakan bis, mobil, atau bagi yang berada jauh, dapat menggunakan transportasi kereta api atau pesawat terbang. Tersedianya fasilitas bandara blimbingsari, semakin memudahkan para pelancong untuk datang berkunjung ke objek wisata banyuwangi.
selancar-di-pantai-pulau-merah-banyuwangi
Wisatawan asing sedang mengamati ombak sebelum melakukan surfing
Baca juga: 

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Pantai Pulau Merah Tempat Wisata Banyuwangi Terkini"