Banyuwangi International Run 2015

Banyuwangi International Run, Pasti masih terdengar asing di telinga sobat, bukan? Ya, even internasional yang ada di Banyuwangi ini baru akan digelar pertama kalinya Oktober 2015. Banyuwangi International Run adalah kompetisi lari kategori 5 Km dan 10 Km yang pelaksaaannya sebagai bagian dari serangkaian Banyuwangi Festival 2015. Even ini bertepatan dengan digelarnya Banyuwangi Ethno Carnival. Banyuwangi International Run 2015 banyak menyuguhkan potensi kota Banyuwangi. Potensi yang disuguhkan seperti seni, budaya, olahraga, dan pariwisata. Tentu, dengan diadakan even internasional ini, pemerintah setempat berharap dapat mengenalkan potensi wisata Banyuwangi kepada khalayak dunia.

Baca juga : Sensasi wisata kawah ijen Banyuwangi

Banyuwangi International Run terbuka untuk umum. Pria dan wanita diperbolehkan untuk ikut berpartisipasi. Tidak hanya untuk warga lokal, wisatawan mancanegara pun juga boleh ikut. Namanya juga bertajuk internasional, sudah pasti semua kalangan diperbolehkan untuk ikut meramaikan.

banyuwangi-international-run

Peserta Banyuwangi International Run akan mendapatkan beberapa perlengkapan. Perlengkapan yang disediakan pihak panitia yakni kaos, medali, nomor dada (Bib), dan tas serut. Berdasarkan peraturan, nomor dada (Bib) wajib dipakai saat perlombaan berlangsung. Para peserta diwajibkan untuk menggunakan sepatu dan dilarang bertelanjang dada.

kaos-banyuwangi-international-run
Kaos yang akan dikenakan peserta Banyuwangi Internationan Run 2015
Kaos berwarna biru dengan tulisan berwarna putih di bagian depan inilah yang akan dikenakan oleh para peserta. Corak batik gajah oling dan tulisan Banyuwangi International Run 2015 dengan background gambar matahari, gunung, yang menandakan potensi wisata Banyuwangi. Tampilan gambar matahari semakin menguatkan citra Banyuwangi sebagai "Sunrise of Java".


medali-banyuwangi-international-run
Medali untuk peserta Banyuwangi International Run 2015

Gambar medali diatas merupakan contoh medali yang diperuntukkan bagi peserta yang berhasil finish. Adapun Medali dengan tali melingkar berwarna merah untu peserta kategori 5Km dan medali dengan tali melingkar berwarna biru untuk peserta kategori 10 Km.

nomor-dada-banyuwangi-international-run-2015
Nomor dada (Bib) peserta Banyuwangi International Run 2015

tas-banyuwangi-international-run-2015
Tas peserta Banyuwangi International Run 2015

Regulasi Banyuwangi International Run 2015

Berikut ini regulasi dalam Banyuwangi International Run, yang wajib ditaati dan dipatuhi oleh seluruh peserta:

Peserta wajib menggunakan nomor dada (Bib) yang dipasang di bagian depan tubuh sehingga nomor dada dapat terbaca dengan jelas. Peserta wajib menggunakan sepatu dan celana olahraga, serta baju lari yang telah disediakan saat pengambilan race pack. Peserta dilarang bertelanjang dada selama mengikuti event. Peserta diharuskan berlari pada rute race yang di siapkan oleh panitia. Apabila terdapat peserta yang sakit selama event berlangsung, maka peserta mengijinkan staf medis untuk memberikan penanganan yang diperlukan untuk perawatan pasien. Penyelenggara berhak bertindak dan mengintervensi jika ada hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan semua pihak. Penyelenggara tidak bertanggung jawab atas kejadian seperti cedera, cacat bahkan kematian yang terjadi untuk setiap peserta sebelum, selama atau sesudah race berlangsung. Penyelenggara berhak untuk menggunakan foto, rekaman film, atau catatan lain dari kegiatan untuk tujuan yang sah, termasuk iklan komersial. Penyelenggara berhak merubah aturan kapan saja yang di anggap perlu dan sesuai dengan keadaan baik sebelum dan saat event berlangsung tanpa pemberitahuan terlebih dahulu beserta alasannya. Peserta wajib mempelajari rute race serta memahami semua ketentuan acara. Peserta tidak boleh memberikan hak pendaftaran, nomor dada untuk digunakan pihak lain mengikuti event. Pemenang harus sesuai dengan nama, BIB / nomor dada yang terdaftar, dengan bukti pendaftaran dan KTP / Paspor yang berlaku. Pemenang yang tidak dapat membuktikan identitas diri sesuai bukti pendaftaran, BIB / nomor dada, KTP / Paspor, maka penyelenggara dapat memutuskan untuk menggugurkan / mendiskualifikasi pemenang tersebut. Untuk kelancaran acara, peserta dianjurkan melakukan konsultasi kesehatan ke dokter/medical check up sebelum acara.

 Jalur Even Banyuwangi International Run 2015

Sobat jangan sampai bingung ketika mengikuti lomba lari, tapi tidak tahu rutenya. hehehe. Nah untuk Banyuwangi International Run kali ini dibagi menjadi dua rute. Rute pertama untuk kategori 10 K dan rute kedua untuk kategori 5 K. Sebenarnya kedua rute memiliki kesamaan pada start dan finish. Hanya untuk kategori 10 K ada tambahan rute yang membedakan jarak keduanya. Berikut gambar pemetaan jalur even Banyuwangi International Run 2015:

start-banyuwangi-international-run-2015
Start Banyuwangi International Run 2015
Start Banyuwangi International Run 2015 ini diperuntukkan bagi seluruh kategori. Start dimulai dari jalan jenderal Sudirman atau lebih tepatnya di depan masjid Jami' Banyuwangi. Seperti yang tertera pada gambar diatas, terdapat perangkat perlombaan, yakni running facility, timing mat, start podium, start gate, timing tent, dan di belakang para peserta akan diikuti oleh tim medis. 

finish-banyuwangi-international-run-2015
Finish Banyuwangi International Run 2015
Titik garis finish dengan garis start adalah sama. Hanya saja, untuk start dimulai dari jalan sudirman menuju ke selatan, kalau finish dari jalan susuit tubun (timu) menuju ke jalan sudirman (utara). Perangkat perlombaan yang disediakan panitia yakni finisher judge area, MC podium, Finis gate, timing tent, dan refreshment area. Khusus di refreshment area, pihak panitia menyediakan air mineral, isotonic, dan buah pisang. Tentu di refreshment area ini tempat untuk pemulihan tenaga dan mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat perlombaan.

jalur-banyuwangi-internationa-run-2015-10k
Jalur Banyuwangi Internaional Run 2015 10 K

Jalur Banyuwangi International Run kategori 10k terbilang mudah. Karena sedikit sekali jalur yang menanjak. Dimulai dari start di jalan sudirman lurus ke selatan hingga melewati simpang lima. Dari simpang lima lurus menuju ke selatan hingga melewati kantor bupati Banyuwangi, lurus menuju simpang lima karang ente, kemudian belok kiri melewati jalan kepiting. Selanjutnya lurus menuju simpang empat dan jalan kolonel sugiono, hingga sampai di simpang empat. Kemudian belok kanan menuju jalan kapten pierre tendean, lurus hingga bertemu simpang tiga, kemudian belok kanan menuju jalan nusantara melewati jalan ikan cucut hingga mengitari sekitar pantai Boom. Jalur selanjutnya melewati jalan ikan cucut, jalan nusantara, kemudian lurus menuju jalan banterang, bertemu simpang tiga, belok kiri ke jalan susuit tubun, belok kanan dan finish. Alur singkatnya seperti berikut Jalan sudirman (Start) - jalan kepiting - jalan kolonel sugiono - jalan pierre tendean - jalan nusantara - jalan ikan cucut - jalan nusantara (kembali) - jalan banterang - jalan susuit tubun - jalan sudirman (Finish).



jalur-banyuwangi-international-run-2015-5K
Jalur Banyuwangi International Run 2015  5K
Jalur untuk kategori 5 K ini hampir sama dan tentunya jarak tempuh lebih pendek. Dimulai dari start di jalan sudirman lurus menuju hingga melewati kantor bupati Banyuwangi, Kemudian terdapat simpang tiga belok kiri menuju jalan brigjen katamso. Selanjutnya track lurus hingga bertemu simpang empat. Dari simpang empat belok kiri melalui jalan kolonel sugiono. Rute selanjutnya sama dengan jalur kategori 10 K. Berikut untuk lebih ringkasnya jalan sudirman (start) - jalan brigjen katamso - jalan kolonel sugiono - jalan pierre tendean - jalan nusantara - jalan ikan cucut - jalan nusantara - jalan banterang - jalan susuit tubun - jalan sudirman (finish).

Bagi sobat yang ingin berpatisipasi, silahkan mendaftar online di www[dot]banyuwangirun[dot]com. Atau yang ingin daftar langsung (offline) silahkan datang ke kantor Sekretariatan Rumah Sinergitas Pemuda di jalan Ahmad Yani No. 97 Banyuwangi. Jadwal pendaftaran mulai tanggal 1 - 15 Oktober 2015. Pukul 10.00 WIB - 20.00 WIB.

Baca juga:
1. Pulau merah tujuan wisata Banyuwangi
2. Rute murah menuju Pulau Merah Banyuwangi



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Banyuwangi International Run 2015"