Banyuwangi Batik Festival 2015

Ajang penampilan batik lokal kembali di helat di kota Banyuwangi. Pemerintah kabupaten secara konsisten memberikan wadah bagi pelestarian batik lokal. 

Tidak hanya itu, melalui Banyuwangi Batik Festival 2015 dapat dijadikan sebagai media promosi batik di kancah nasional ataupun internasional. Even ini akan digelar untuk ketiga kalinya. Dari tahun ke tahun, apresiasi masyarakat begitu besar. Ditambah lagi kehadiran Puteri Indonesia, Nindya Kusuma Putri semakin menambah BBF 2015 tampak mengesankan. 


Even ini juga merupakan program untuk mempromosikan potensi wisata Banyuwangi. Melalui Banyuwangi Batik Festival ini menjadikan batik tidak lagi untuk orang dewasa dengan desain yang monoton. 


Kini batik diubah menjadi tren baru dan menarik para generasi muda untuk mengenakannya. Dengan desain elegan, batik saat ini justru banyak diminati oleh para wisatawan.


Baca juga: Even Banyuwangi International Run 2015

model-banyuwangi-batik-festival
Model sedang memeragakan busana batik di Banyuwangi Batik Festival 2014

Banyuwangi Batik Festival Dimeriahkan Artis Ibukota

Acara puncak baru akan digelar tanggal 10 Oktober 2015. Digelar Sabtu malam di Taman Blambangan, BBF 2015 tampak spesial dengan kedatangan beberapa artis tenar. 

Tidak hanya Puteri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri, tetapi juga Krisdayanti (KD) yang akan berlenggak - lenggok dengan busana batik desain KD sendiri. Selain itu juga ada Runner up satu dan dua Puteri Indonesia 2015, Chintya Fabyola dan Gresya Amanda Maliwuga. Mereka akan mengenakan rancangan busana batik dari desainer ternama seperti Nyonya Indo, Irma Lumiga, Priscila Saputro.

puteri-indonesia-di-banyuwangi-batik-festival-2015
Puteri Indonesia 2015 Anindya sedang menghadiri peragaan batik

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengungkapkan bahwa batik bukan lagi busana yang out of date. Batik saat ini bukan lagi busana gaya lawas, namun sudah menjadi gaya hidup dan tren masa kini. 

Tren ini harus dijawab dengan keseriusan semua elemen untuk mendorong pengembangan batik, baik dari sisi desain, kemasan event, maupun aspek ekonominya. Dan itu telah kita buktikan dengan turut ambil bagian batik Banyuwangi di Indonesia Fashion Week di JCC awal tahun 2015.



Ajang Perlombaan Bernuansa Batik 

Sebelum acara puncak digelar, terdapat serangkaian kegiatan lomba seputar batik. Seperti lomba desain motif batik khas Banyuwangi, lomba model dan desain busana batik Banyuwangi, dan lomba mencanting batik tingkat sekolah dasar. 

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Pertambangan, Hary Cahyo Purnomo menuturkan, serangkaian lomba sudah mulai digelar bulan Agustus dan September 2015. Khusus untuk para pemenang lomba motif dan desain busana batik, akan tampil di Fashion On The Pedestrian pada tanggal 9 Oktober 2015. Para model terbaik dari Fashion On The Pedestrian ini akan tampil di Banyuwangi Batik Festival.

Dua model tampil bersama di BBF 2014

Tema Banyuwangi Batik Festival Sarat Makna

Mengangkat tema "Paras Gempal", ini membuktikan bahwa batik memiliki keragaman motif. Pada BBF sebelumnya, tema yang diangkat mengenai Gajah Oling dan Kangkung Stingkes. Motif Paras gempal sendiri memiliki filosofi yang tinggi. Paras yang berarti batu cadas dan gempal yang memiliki arti runtuh. Paras gempal memiliki makna kerukunan tetap terjaga terhadap sesama. 

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menuturkan bahwa tiap tahun menggerlar BBF dengan tema yang berbeda. Ia menjelaskan bahwa BBF ini merupakan ajang eksplorasi kekayaan batik lokal dan industri kreatif Banyuwangi.


Lanjut Anas, melalui Banyuwangi Batik Festival ini memberikan kesempatan bagi para pelaku industri usaha batik untuk mengembangkan batik daerah. BBF ini menjadi ajang strategis dalam mempertemukan para pelaku usaha batik dengan pasar batik yang lebih luas.


Sobat tertarik untuk nonton Banyuwangi Batik Festival? Siapkan kameramu, ajak teman dan keluarga untuk meramaikan even wisata Banyuwangi paling memukau ini ya!


Baca juga: 

1. Serunya International Surfing Competition 2015
2. Pesona alam wisata kawah Ijen Banyuwangi


Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Banyuwangi Batik Festival 2015"

  1. Anda butuh rental elf banyuwangi dengan harga murah, jangan kawatir karena sudah canggih jaman maka anda cuku menghubungi kami saja, harga mobil banyuwangi yang kompeten membuat kami banyak di percaya sebagai jasa sewa mobil banyuwangi murah. Armada mobil lengkap seperti rental mobil avanza, rental mobil hiace banyuwangi, sewa elf murah banyuwangi. Selain itu kami juga melayani paket wisata murah seperti wisata air terjun kampung anyar kemudia ada wisata unik wedi ireng dll setelah sampai di sana jangan lupa untuk merasakan oleh oleh khas banyuwangi.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Banyuwangi memang mantab, ayo kita promosikan terus kota Banyuwangi tercinta

    Salam Sukses Selalu dari kami,
    Putri Travel Banyuwangi

    BalasHapus
  4. Menikmati keindahan pariwisata di kabupaten ujung timur pulau jawa, lihat di Info Banyuwangi

    BalasHapus